BerwIsata Ke Suaka Elang Loji Bogor

Siapa yang tak kenal dengan Kota Bogor?? kota yg mempunyai julukan kota hujan ini memang selalu menarik wisatawan setiap akhir pekannya.

Bogor memang kaya akan wisatanya, mulai dari wisata kuliner, wisata alam dan wisata budayanya. Kali ini bangga.net ingin berbagi tempat wisata alam sekaligus menjadi tempat edukasi yang wajib untuk kamu kunjungi yaitu Suaka Elang Loji Bogor

Foto: Ist
Sejarah 
Tempat wisata alam Suaka Elang dibangun dengan model kemitraan yang terdiri dari pemerintah, LSM, swasta, dan masyarakat yang saling menguntungkan untuk pelestarian habitat dan konservasi spesies pada tanggal 25 November 2008. Orang-orang lebih mengenalnya sebagai Suaka Elang Loji. Jadi masih bisa terhitung baru lah. Tujuan pembangunannya sendiri ialah sebagai tempat rehabilitasi untuk burung elang yang dipelihara warga atau hasil tangkapan ilegal yang diperjual belikan secara ilegal pula. Karena satwa burung elang merupakan satwa yang di lindungi maka suaka ini adalah langkah yang diupayakan oleh pemerintah bekerja sama dengan LSM untuk melestarikan satwa langka ini.

Info Wisata
Untuk mencapai tempat rehabilitasi Burung Elang kamu harus jalan kaki terlebih dahulu kurang lebih sekitar 15 menit. Tenang saja mungkin kamu tidak akan merasa lelah, jarak tempuh perjalanan nya pun tak terlihat membosankan, itu karena track untuk menyapai pos pembelian tiket masuknya disuguhi dengan perkampungan yang tentram dan banyak pesawahan yang asri tentunya akan membuat mata kita menjadi fresh.

Tapi kamu harus tetap berhati-hati karena belum ada lagi petunjuk jalan yang mengarahkan wisatawan ke Suaka Elang Loji dari situ, sebaiknya kamu ikuti saja terus jalan yang menuju puncak dan hutan.

Keika kamu tiba di Pos Jaga yang dihuni oleh Polisi Hutan. jangan sungkan untuk bertanya pada pos penjaga tersebut agar kamu mendapat informasi yang lebih jelas dan detail.

Kamu juga bisa berkemah apabila membawa peralatan dan perlengkapan kemah, karena tidak jauh dari pos penjaga memang terdapat lokasi bumi perkemahaan, tak hanya itu disekitar situ juga terdapat Curug Cibadak kurang lebih sekitar satu jam untuk menempuhnya.


Setelah kamu memasuki Suaka Elang tersebut kamu bisa melihat burung Elang dan burung pemangsa lainnya yang sudah mulai hampir punah. Bagi kamu yang suka berfoto-foto cobalah merasakan sensai foto di jembatan gantung. Meskipun jembatan gantung tersebut tidak terlalu tinggi, namun tetap saja sensasinya menegangkan. Pasalnya jembatan gantung ini menghubungkan dua lereng yang dipisahkan lembah dengan sungai mengalir di bawahnya. Lumayan lah bagi kamu yang ingin berfoto sekaligus uji myali.

Lokasi Suaka Elang Loji Bogor
Lokasinya terdapat di Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Kampung Loji, Kecamatan Cigombong. Letaknya yang tidak jauh dari ibukota jakarta membuatnya menjadi destinasi liburan akhir pekan nanti. Sebaiknya apabila kamu ingin berkunjung ke Suaka Elang Loji Bogor ini, lebih baik menggunakan kendaraan roda 2 saja atau motor karena jalannya yang cukup banyak dengan bebatuan dan permukaan nya hancur, sangat sulit memungkin apabila mobil dapat menerobosnya.

Related Posts