Menikmati Senja Di Candi Boko

Sejarah Candi Ratu Boko
Situs Ratu Baka atau Candi Boko merupakan sebuah situs peninggalan bersejarah yang berupa sisa bangunan menyerupai candi. Bangunan ini sangat penting peranannya dalam perkembangan sejarah dinasti Hindu di Indonesia terutama di Jawa. Situs Ratu Baka atau Candi Boko faktanya bukan benar-benar merupakan sebuah candi, tapi sebenarnya adalah sebuah istana atau keraton. Hal ini dilihat dari pola peletakan sisa-sisa bangunan yang menyerupai benteng dengan bukti adanya sisa dinding benteng dan parit kering sebagai struktur pertahanan.

Wisata Candi Boko
Foto : Ist

Info Wisata Candi Ratu Boko
Kawasan Candi Boko ini mempunyai luas area 25 hektar dan berada pada ketinggian kurang lebih 200 meter dari permukaan laut. Tempat ini dibagi ke dalam empat bagian, yaitu : Timur, Tengah, Barat dan Tenggara. Informasi ini dapat kamu temui di papan informasi yang terletak di dekat pintu gerbang masuk. Berikut adalah bagian - bagian dari Candi Boko yang menarik untuk disimak :

1. Dibagian Timur
Kamu dapat menemukan 2 buah Gua Batu berbentuk persegi. Yang pertama Gua Lanang(Gua Laki - Laki) dan Gua Wadon(Gua Puteri)

2. Dibagian Tengah
Kamu dapat menemukan gapura utama sebagai pintu masuk kompleks, lapangan, kolam, paseban dan candi pembakaran. Saat memasuki area wisata Candi Boko sobat akan dihadapkan dengan 2 gerbang, yang terdiri dari Gerbang Luar yang berukuran kecil dan Gerbang Dalam yang berukuran besar. 

3. Dibagian Barat
Kamu dapat menemukan perbukitan dan ditempat ini kamu dapat melihat keindahan Candi Prambanan

4. Dibagian Tenggara
Kamu dapat menemukan pendopo, beberapa balai, 3 candi, kolam dan kompleks Keputren.


Selain itu ada waktu yang ditungu - tungu oleh pengunjung yang datang ke wisata ini, tepatnya ketika waktu menunjukkan jam 5 sore waktu setempat. Dimana pengunjung akan disungguhkan dengan moment matahari tenggelam.

Lokasi Wisata Candi Ratu Boko

Candi Boko terletak di terletak di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Kawasan Candi Boko terletak sekitar 19 km di sebelah timur pusat kota Yogyakarta. Lokasinya sendiri sangat dekat dengan Candi Prambanan yang merupakan Candi Hindu terbesar dari dinasti sanjaya dan beberapa Candi lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel