Manfaat Daun dan Sabut Kelapa Untuk Kehidupan Sehari - Hari

Bangga.net – Hampir diseluruh pesisir pantai Indonesia terdapat berbagai jenis pohon kelapa dan juga buahnya memiliki rasa yang segar. Pohon kelapa bisa dibilang salah satu tumbuhan yang hampir semua bagiannya bermanfaat, mulai dari ujung atas daunnya sampai bagian bawah akarnya. Seperti yang akan dibahas kali ini mengenai manfaat Daun dan Sabut Kelapa  untuk kehidupan sehari – hari.

Yang pertama mengenai manfaat daun kelapa :



1. Daun Kelapa Dapat Dijadikan Atap Rumah 
Daun kelapa menjadi alternatif pembuatan atap rumah pada zaman dahulu selain daun rumbia dan daun ilalang. Pembuatan atap menggunakan daun kelapa tergolong lebih mudah jika dibandingkan dengan menggunakan daun ilalang. Cara membuat atap rumah menggunakan Daun kelapa dengan menganyam daun yang belum begitu kering. Cara menganyamnya juga menggunakan teknik tersendiri. Dengan menggunakan bambu dibagian atas lipatannya, daun kelapa juga akan dirajut menggunakan tali dari bambu. Atap daun kelapa ini masih dapat kita jumpai di daerah pedesaan dan daerah pantai. 

2. Daun Kelapa Dapat Dijadikan Pakan Ternak
Daun kelapa dapat dijadikan sebagai alternatif pakan ternak. Seperti sapi dan kerbau baik daun yang masih muda atupun tua. Biasanya Daun kelapa yang dimanfaatkan untuk pakan ternak sudah diambil lidinya terlebih dahulu.

3. Daun Kelapa Dapat Dijadikan Burung Mainan
Daun kelapa muda atau "janur" dapat digunakan untuk bermacam-macam kerajinan tangan, salah satunya adalah burung mainan. Meskipun disebut burung mainan, namun bagi orang-orang jawa burung mainan ini dijadikan salah satu simbol pernikahan adat jawa. Bisa disebut sebagai  burung mainan dikarenakan setelah acara adat jawa tersebut usai, maka burung yang terbuat dari daun kelapa muda atau janur ini akan digunakan anak-anak kecil untuk mainan.

4. Daun Kelapa Dapat Dijadikan Membuat Cemeti
Cemeti atau yang sering kita sebut dengan pecut mayoritas terbuat dari rotan. Namun sebagian orang yang sulit untuk menemukan rotan, mereka memilih tulang daun kelapa sebagai pengganti rotan. Cemeti yang terbuat dari lidi kelapa bahkan sudah di pasarkan diberbagai kota di Indonesia.

5. Daun Kelapa Dapat Dijadikan Kembar Mayang
Kembar mayang merupakan istilah yang digunakan oleh adat jawa dalam prosesi pernikahan. Kembar mayang dibuat menggunakan daun kelapa muda yang berwarna kuning. Daun kelapa muda atau janur ini akan dibentuk sedemikian rupa sehingga akan membentuk kembar mayang. Perlu pengetahuan luas tentang makna dari setiap bentuk dan kerajinan dalam memotong setiap bagian daun kelapa muda dalam proses pembuatannya.

Yang kedua mengenai Sabut Kelapa. Meskipun sebagian orang menganggap sabut kelapa limbah, nyatanya sabut kelapa banyak manfaatnya untuk keperluan manusia dalam sehari-hari. Berikut ini manfaat dari sabut kelapa khususnya buat mereka yang tinggal dipedalaman atau pedesaan :



1. Sabut Kelapa Sebagai Pembuatan coco net
Coco net merupakan salah satu bentuk olahan dari manfaat sabut kelapa yang berbentuk seperti jaring-jaring. Coco net ini biasanya dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya longsor pada daerah yang memiliki undakan, sehingga dapat meminimalisir terjadinya bencana longsor pada suatu daerah.

2. Sabut Kelapa Sebagai Media Pembakaran
Sebagian restoran padang masih memanfaatkan sabut kelapa sebagai salah satu media untuk membakar batok kelapa. Hal ini disebabkan oleh sifat alami dari sabut kelapa itu sendiri yang mudah terbakar dan dapat menghasilkan api yang baik.

3. Sabut Kelapa Sebagai Pembuatan Briket Lingkungan
Sabut kelapa juga memiliki manfaat yang sangat baik dalam pembuatan briket. Selama ini, yang kita kenal, briket hanyalah terbuat dari batubara, namun demikian, ternyata briket juga dapat diolah da dibuat dari limbah, salah satunya adalah sabut kelapa. Hal itu tentu saja merupakan suatu kebanggan dari hasil penemuan yang menarik, karena selain ramah lingkungan, biaya produksi dari pembuatan briket pun akan jauh lebih murah dibandingkan menggunakan batubara.

4. Sabut Kelapa Sebagai Penetralisir Air dan Bau Semen Pada Kolam Ikan Yang Baru Selasai Dibuat
Bagi para pengusaha ikan hias maupun ikan ternak yang akan menempatkan ikannya pada kolam-kolam semen, pastinya sabut kelapa sudah tidak asing lagi di telinga. Ya, sabut kelapa sering dimanfaatkan untuk menetralisir kandungan air yang ada pada kolam yang baru selesai dibuat, dan juga digunakan untuk menghilangkan bau semen dari kolam tersebut. Hal ini dikarenakan ikan tidak tahan dengan campuran air dan juga bau semen yang baru.

Itulah beberapa manfaat Daun dan Sabut Kelapa yang dapat dimanfaat dalam keperluan sehari – hari, Jika ditempat tinggal kalian punya cara yang berbeda untuk memanfaatkannya silahkan berkomentar.  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel